Pelatihan Daring Goal Setting dan Motivasi Berprestasi Akademik

  • Reza Rahma Yuliany Universitas Pembangunan Jaya
  • Veronica Anastasia Melany Kaihatu Universitas Pembangunan Jaya
Keywords: goal setting, motivasi berprestasi, mahasiswa, pelatihan

Abstract

Prestasi mahasiswa berperan penting bagi kehidupan mahasiswa maupun perguruan tinggi, mulai dari pelaksanaan aktivitas perkuliahan, pengembangan ilmu sampai dengan peluang kerja lulusan. Salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi mahasiswa adalah motivasi berprestasi akademik. Motivasi berprestasi muncul dan berkembang karena dilatih, ditingkatkan, dan dikembangkan, salah satunya dengan goal setting. Namun, pelatihan jenis ini biasanya dilakukan secara tatap muka langsung, yang tidak dapat dilakukan selama pandemi Covid-19 berlangsung. Penelitian kuasi eksperimental ini menjalankan pelatihan goal setting secara daring dengan tujuan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menentukan penetapan tujuan yang ingin dicapai dan meningkatkan semangat untuk mencapai tujuan sehingga pada akhirnya meningkatkan motivasi berprestasi. Dimensi-dimensi pelatihan yang diberikan mencakup tangible rewards, tanggung jawab terhadap masa depan, karakteristik goal setting, goal stress dan goal achievement dan kegiatan pelatihan bersifat interaktif antara peserta dengan fasilitator. Subjek penelitian adalah 30 mahasiswa yang datang dari program studi Akuntansi, Manajemen, Psikologi, Ilmu Komunikasi, Desain Produk, Desan Komunikasi Visual, Sistem Informasi, Informatika, Teknik Sipil dan Arsitektur. Mereka berada pada tahun pertama, kedua dan ketiga, namun semua memiliki indeks prestasi kumulatif di bawah 3,00. Desain penelitian adalah one-group pretest-posttest design sehingga tidak ada perbandingan dengan kelompok kontrol. Capaian pelatihan oleh kelompok dihitung secara terpisah untuk memastikan bahwa materi pelatihan telah dipahami oleh para peserta. Teknik analisis penelitian menggunakan paired-samples t-test dengan hasil analisis menunjukkan nilai t ¬17.392, > 2.756 dari t tabel, yang berarti ada peningkatan motivasi berprestasi akademik mahasiswa sesudah mengikuti pelatihan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelatihan goal setting yang dilaksanakan secara daring dapat meningkatkan motivasi berprestasi akademik pada mahasiswa.

Published
2021-06-01
How to Cite
Yuliany, R., & Kaihatu, V. (2021, June 1). Pelatihan Daring Goal Setting dan Motivasi Berprestasi Akademik. UNUSIA CONFERENCE, 1(1), 261 - 274. Retrieved from http://journal.unusia.ac.id/index.php/Conferenceunusia/article/view/206