Call For Papers

“Menulis adalah bekerja untuk keabadian”

Tahun 2020 merupakan tahun yang cukup panjang dan rumit untuk dilalui bangsa Indonesia, berbagai tantangan seperti pandemi, pelanggaran HAM, serta lahirnya kebijakan-kebijakan yang diambil oleh pemerintah menjadi bagian yang tidak dapat dilepaskan. Berbagai persoalan tersebut menjadi isu dan kajian yang sangat menarik untuk digali dan di dalami agar pada tahun 2021 ini seluruh elemen masyarakat dapat mengambil langkah dalam menghadapi tantangan kedepan.

Terkait isu pandemi, meskipun covid-19  telah satu tahun masuk di Indonesia, namun belum ada tanda-tanda akan mereda bahkan jumlah kasus harian kian hari semakin bertambah. Kondisi tersebut tentu berdampak terhadap berbagai bidang baik kesehatan, sosial, ekonomi, pendidikan, serta budaya yang harus menyesuaikan dengan keadaan baru ini.

Berbagai kebijakan telah diambil oleh pemerintah selama kurun waktu 2020 meski dalam kondisi yang serba sulit namun kebijakan demi kebijakan telah lahir, bahkan beberapa kebijakan dan regulasi tersebut mengundang kritikan dan protes dari berbagai lapisan masyarakat, sebut saja disahkanya Omnibus Law yang mengundang aksi demontrasi ditengah pandemi dan terjadi di berbagia daerah, dikeluarkan RUU PKS dari prolegnas 2020 serta mendapat banyak kritikan.

Kondisi-kondisi tersebut bagi seorang akademisi, praktisi, maupun peneliti tentu menjadi topik kajian yang sangat menarik untuk dikaji sehingga mampu memberikan dampak yang positif baik bagi pemerintah sebagai pengambil kebijakan maupun bagi masyarakat yang pada akhirnya akan menjalankan dan sebagai bentuk pelaksanaan dari kebijakan tersebut.

Tahun 2021 ini Jurnal Al Wasath kembali hadir dengan Volume 2 Nomor 1 Tahun 2021 dan Volume 2 Nomor 2 Tahun 2021. Berbagai kondisi sosial kemasyarakatan yang terjadi di tahun 2020 menjadi dasar bagi kami untuk membuka call for paper untuk mengisi jurnal Al Wasath edisi 2021. Adapun tema yang akan diusung pada 2021 in yaitu Pandemi, HAM, dan Kebijakan Publik. Kiranya daya analisis yang sahabat/i sekalian dapat memberikan sumbangsih bagi bangsa dan negara melalui literasi dan publikasi.