Aspek Ontologi dan Kosmologi Dalam Ajaran Tasawuf Martabat Tujuh Shaykh Abdul Muhyi Pamijahan
DOI:
https://doi.org/10.47776/islamnusantara.v4i2.689Keywords:
Tarekat Shattariyah, Martabat Tujuh, al-Tuhfal al-Mursalah, Shaykh Muhyi Pamijahan, Tajalli, Martabat PipituAbstract
Shaykh Muhyi Pamijahan merupakan murid Shaykh Abd al-Rauf al-Singkili yang berdakwah menyebarkan ajaran Martabat Tujuh dan Tarekat Shattariyah di Pulau Jawa. Ajaran ini tersebar terutama di kalangan ahli tarekat dan para priyayi. Ajaran Martabat Tujuh Shaykh Muhyi bersumber dari kitab al-Tuhfah al-Mursalah karya Shakh Fadl Allah al-Burhanpuri dari India, namun Shaykh Muhyi memiliki penjelasan Martabat Tujuh Tujuh menggunakan bahasa pegon dalam manuskrip Martabat Kang Pipitu dan beberapa naskah koleksi Leiden Library dengan nomor katalog cod. or 7527 dan 7705. Martabat Tujuh merupakan penjelasan dari aspek ontologi yaitu tajalli dhat wujud qadim meliputi ahadiyah, wahdah dan wahidiyah, dan aspek kosmologi yaitu wujud huduts meliputi ‘alam arwah, ‘alam mithal, ‘alam ajsam dan Insan kamil. Penelitian ini menggunakan pendekatan sufistik untuk mengetahui tarekat yang diikuti oleh seorang sufi dan bagaimana karakteristik penafsirannya terhadap Martabat Tujuh. Hasil kajian ini menyimpulkan bahwa Shaykh Muhyi Pamijahan sebagai tokoh sentral dalam penyebaran Martabat Tujuh di Jawa selain mengikuti tarekat Shattariyah dan beberapa terakat lainnya juga mengikuti Tarekat Qadiriyah Naqsabandiyah. Dengan demikian dapat dipahami bahwa Shaykh Muhyi (w. 1730) sebagai pembawa Tarekat Qadiriyah Naqsabandiyah pertama kali di Nusantara sebelum Shaykh Katib Sambas (w. 1875). Ajaran Martabat Tujuh Shaykh Muhyi memiliki karakteristik penafsiran bercorak Ash’ariyah dengan memilah aspek ontologi yaitu martabat alam qadim (ahadiyah. wahdah. wahidiyah) bersifat tanzih dan aspek kosmologi (alam arwah. mithal, ajsam dan insan) sebagai wujud huduts bersifat tashbih. Selain itu, tetap disiplin dalam pengamalan syariat lahir maupun batin.
References
Abdullah, HW. Muh. Shagir. Syeikh Dawud Bin Abdullah al-Fatanai Penulis Islam Produktif Asia Tenggara. Solo: CV. Ramadhani, 1987
Akkach, Samer. Abd al-Ghani al-Nabulusi: Islam and Enlightenment. Oxford: One World, 2007
Anshori, Afif. Tasawuf Falsafi: Syekh Hamzah Fansuri. Yogyakarta: Gelombang Pasang, 2004.
Azra, Azyumardi. Historiografi Islam Kontemporer: Wacana. Aktualitas dan Aktor Sejarah. Jakarta: Gramedia, 2002.
Azra, Azyumardi. Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII-XVIII. Jakarta: Kencana, 2005.
Banja>ri, al. Nafi>s. ad-Durr an-Nafi>s. Singapura: al-H}aramain. Tanpa tahun.
Chittick, William C. Faith and Practice of Islam : Three Thirteenth Century Sufi Texts. SUNY Series in Islam, State University of New York Press, 1992
Chittick, William C. Science of The Cosmos, Science of the Soul. Oxford Oneworld Publications, 2007
Coates, Peter. Ibn ‘Arabi and Modern Thought. Oxford: Anqa Publishing, 2002.
Corbin, Henry. Imajinasi Kreatif Sufisme Ibn ‘Arabî (terj). Yogyakarta: LkiS, 2002.
Dahlan, Abdul Aziz. Penilaian Teologis atas Paham Wahdat al-Wujûd dalam Tasawuf Syamsuddin Sumatrani. Padang: IAIN-IB Press, 1999.
Ekadjati, Edi S dkk. Naskah Keagamaan Islam Karya Kyai Muhyi. Jogjakarta: Depdikbud Dirjenbud, Proyek Penelitian dan Pengkajian Kebudayaan Nusantara (Javanologi), 1985
Faraoki, Suha Taji. A Prayer for Spiritual Elevation and Protection. Oxford: Anqa Publishing, 2006
Fathurahman, Oman. Ith}a>f al-Dha>ki>: Tafsir Wah}dat al-Wuju>d bagi Muslim Nusantara. Jakarta: Mizan, 2012
Fathurahman, Oman. Tanbîh al-Mâsyi: Menyoal Wahdat al-Wujud Kasus Abdurrauf Singkel di Aceh Abad 17. Bandung: Mizan, 1999.
Fathurahman, Oman. Tarekat Syattariyah di Minangkabau. Jakarta: Prenada Media Group, 2008.
Fathurrahman, Oman. Katalog Naskah Dayah Tanoh Abee Aceh Besar. Jakarta: Komunitas Bambu, 2010
Florida, Nancy K. Javanese Literature in Surakarta Manuscrpts, Manuscripts of The Mangkunegara Palace, Vol. 2 .New York: Cornell Southeast Asia Program Publicationn, 2000.
Ibn ‘Arabi>, Muh}yi al-Di>n. al-Futu>h}a>t al-Makiyyah. Beirut: Da>r al-Kutub al-Ilmiyah, 2006.
Ibn ‘Arabi>, Muh}yi al-Di>n. Fushu>s al-H}ikam. Beirut: Da>r al-Kutub al-Islamiyah, 2003.
Jîlî, Abd. Karim ibn Ibrahim, al. al-Insân al-Kâmil fi Ma’rifati al-Awâkhir wa al-Awâil. Beirut: Dar al-Fikr, , tanpa tahun.
Johns, A.H. and Raphael Israeli. Islam in Asia, Volume II Southeast and East Asia. Jerusalem: The Magnes Press, 1984
Johns, A.H. Sufism as a Category in Indonesia Literature and History. (Jseah, II, 1961)
Johns, A.H. The Gift Adressed to The Spirit of The Prophet. Canberra: The Australian National University, 1965
Kamajaya, dan Tardjan Hadidjaja (tim penerjemah). Serat Centhini Bahasa Indonesia I-A. Yogyakarta: UP. Indonesia, 1978.
Lubis, Nabilah. Syekh Yusuf al-Taj al-Makassari: Menyingkap Intisari Segala Rahasia. Jakarta: Media Alo Indonesia, 2006.
Mulkhan, Abdul Munir. Makrifat Siti Jenar: Teologi Pinggiran dalam Kehidupan Wong Cilik. Jakarta: Grafindo, 2005.
Noer, Kautsar Azhari. Ibn Al-Arabi: Wahdat al-Wujûd dalam Perdebatan. Jakarta: Paramadina, 1995.
Palimbani, Abd. Shamad, al. Siyar al-Sa>liki>n. Bairut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah, Tanpa Tahun.
Sajaroh, Wiwi Siti. Martabat Tujuh Syekh Muhyi. Tesis, Perpustakaan: Pascasarjana UIN Syairf Hidayatullah, 2001
Simuh. Islam dan Pergumulan Budaya Jawa. Jakarta: Teraju, 2003.
Simuh. Mistik Islam Kejawen Raden Ngabehi Ranggawarsita. Jakarta: UI-Press, 1998
Simuh. Sufisme Jawa Transformasi Tasawuf Islam ke Mistik Jawa. Jakarta: Bentang, 1999
Soebardi, S. Serat Cebolek: Kuasa, Agama dan Pembebasan (Pengadilan KH.A. Mutamakkin dan Fenomena Shaikh Siti Jenar). Bandung: Nuansa, 2004
Sunyoto, Agus. Sang Pembaharu: Perjuangan dan Ajaran Syaikh Siti Jenar. Yogyakarta: LKiS, 2004.
Sya’rani, Abd al-Wahhab, al. Lawâqih al-Anwâr al-Qudsiyyah. Beirut: Dar al-Fikr, 1996.
Taji-Farouki, Suha. A Prayer for Spiritual Elevation and Protection. Oxford: Anqa Publishing, 2006.
Yahya, Ismail. al-Mawa>hib al-Mustarsalah ‘ala Tuh}fah al-Mursalah: Suntingan Teks, Terjemahan dan Syarah Wah}dat al-Wuju>d. Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UI, 2014