Langkah-Langkah Penerapan Pembelajaran Syinchronous, Asyinchronous, Dan Blanded Learning

  • M Najmudin Hasbullah Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia

Abstract

Dalam era society 5.0 Metode dan proses pembelajaran saat ini perlu disesuaikan dengan kebutuhan siswa dalam kebutuhan belajarnya. Disamping pembelajaran tatap muka (face to face) atau luar Jaringan(offline), Perlu juga untuk menerapkan metode online learning atau Dalam jaringan (online) dalam proses pembelajarannya. Penggabungan antara metode tatap muka dengan online learning inilah yang disebut dengan blended learning. Dalam penulisan artikel ini mempunyai Tujuan menjelaskan perlu adanya penyesuaian metode sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dengan menggunakan metode Blended learning.
Dalam penerapan Blended learning perlu untuk mengetahui empat macam seting pembelajaran beserta strategi yang digunakan secara efektif. Empat macam seting pembelajaran itu adalah synchronous langsung, synchrounous maya, asynchronous mandiri, dan asynchronous kolaboratif. Selain mengetahui seting belajar tersebut, perlu juga untuk menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan setiap strategi pembelajarannya, sehingga penggunaan media pembelajaran dapat digunakan secara tepat guna. Dengan adanya penggabungan dari metode tatap muka dengan pembelajaran online (online learning) harapannya siswa dapat mempunyai kesempatan yang besar dalam mengakses materi menggunakan sarana teknologi dan informasi yang ada

Published
2022-10-31
How to Cite
Hasbullah, M. (2022, October 31). Langkah-Langkah Penerapan Pembelajaran Syinchronous, Asyinchronous, Dan Blanded Learning. Jurnal Tunas Aswaja, 1(2), 67-80. https://doi.org/https://doi.org/10.47776/tunasaswaja.v1i2.627