Jurnal Tunas Aswaja https://journal.unusia.ac.id/index.php/TunasAswaja <p style="text-align: justify;">JURNAL TUNAS ASWAJA terbit dua kali setahun pada bulan April dan Oktober. Jurnal memuat artikel hasil Teori dan Praktik di bidang Pendidikan Anak Usia Dini.</p> en-US renti@unusia.ac.id (Renti Aprisyah) mvikanurul@gmail.com (vika nurul mufidah) Tue, 31 Oct 2023 00:00:00 +0000 OJS 3.1.0.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca anak Usia 5-6 Tahun Dengan Menggunakan Alat Permainan Edukatif Kantong Huruf Di BKB PAUD Dahlia RW 01 Kelurahan Pondok Bambu Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur https://journal.unusia.ac.id/index.php/TunasAswaja/article/view/978 <p>This research aims to improve the reading skills of young children through the Letter Pocket media at BKB PAUD Dahlia Rw.01, Pondok Bambu Village, Duren Sawit District, East Jakarta City. Learning activities using interesting letter bags as media can motivate children to improve their reading skills. This type of research uses Classroom Action Research (PTK) which is carried out in two cycles consisting of four stages, namely: (1) planning stage, (2) implementation stage, (3) observation (4) reflection. The data analysis technique is quantitative. The indicator of success in this research is that the average reading ability of children using letter bags has reached the good criteria of 83.3%. The results of this research show that there is an increase in children's initial reading abilities using letter bag media at BKB PAUD Dahlia Rw.01, Pondok Bambu Village, Duren Sawit District, East Jakarta. In this case, it is proven that there was an increase in pre-research measures which received an average of 33.3% to 51.7% in cycle I stage, and then increased to 88.3% in cycle II stage.</p> Waspada Waspada, Brata Astuti Sukamdini ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.unusia.ac.id/index.php/TunasAswaja/article/view/978 Tue, 31 Oct 2023 00:00:00 +0000 Permainan Tradisional Betawi Sebagai Metode Pengembangan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini Pada Kelompok B PAUD Al-Bunyamur Kemayoran Jakarta Pusat https://journal.unusia.ac.id/index.php/TunasAswaja/article/view/979 <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh asumsi peneliti mengenai pola permainan anak yang telah mengalami pergeseran. Sehingga adanya kecenderungan perubahan minat anak dalam melakukan permainan tradisional ke arah digital. Sementara, permainan digital lebih banyak memiliki efek negatif daripada efek positif. Untuk itu, perlunya suatu upaya dalam memperkecil efek negatif tersebut. Salah satunya dengan melakukan suatu metode pembelajaran melalui permainan tradisional kedalam kurikulum-kurikulum sekolah. Salah satu sekolah yang telah menerapkannya adalah PAUD Al Bunyamur Kemayoran Jakarta Pusat. Sehingga peneliti tertarik melakukan Case Study untuk memperoleh informasi empiris terkait perencanan, dimana adanya proses penseleksian jenis permainan tradisional dari segi usia anak serta tingkat bahaya dan kesulitan permainan yang dimainkan. Terdapat sepuluh jenis permainan tradisional yang dipilih dan dimainkan yaitu Dari sepuluh jenis permainan tersebut tiga diantaranya tergolong pada jenis permainan yang bersifat kompetitif, dua tergolong pada rekreatif dan empat tergolong kooperatif. Selanjutnya sikap atau nilai yang terkandung dalam permainan tradisional adalah (1) sikap mampu bermain bersama, (2) Sikap mampu membedakan teman yang bersedih, marah dan senang, (3) Sikap mau bermain bersama dan berinteraksi dengan teman sebayanya, (4) Sikap menunjukkan minat atau kemauan terhadap permainan yang berkelompok atau bertim, (5) Sikap memerima teman dengan jenis kelamin yang berbeda, (6) Sikap memerima keadaan fisik teman, (7) Dapat mandiri dan terlepas dari orangtua, (8) Menunjukkan respon simpatik dan emaptik kepada teman maupun oranglain, (9) Memahami akibat jika melakukan pelanggaran dan beranitanggungjawab, (10) berbicara mengenai perasaan.</p> Silvia Ningsih ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.unusia.ac.id/index.php/TunasAswaja/article/view/979 Tue, 31 Oct 2023 00:00:00 +0000