Qanaah dan Penyesuaian Akademik pada Mahasiswa Lintas Jurusan: Peran Baru Dimensi Spiritualitas
DOI:
https://doi.org/10.47776/mozaic.v10i2.1071Keywords:
Dimensi Spiritualitas, Mahasiswa Lintas Disiplin Ilmu, Penyesuaian Akademik, Stress, QanaahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh qanaah, dimensi spiritualitas yang jarang diteliti namun sangat bermanfaat, terhadap penyesuaian akademik mahasiswa magister lintas disiplin ilmu (mahasiswa yang mengambil bidang studi yang berbeda dengan latar belakang pendidikan mereka). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel nonprobabilitas. Partisipan penelitian ini terdiri dari 201 mahasiswa magister lintas disiplin ilmu di UIN Syarif Hidayatullah di Jakarta, Indonesia. Variabel penelitian diukur dengan mengadaptasi Academic Adjustment Scale (AAS) dengan Cronbach's alpha sebesar 0.752, dan Skala Qanaah dengan Cronbach's alpha sebesar 0.872. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara qanaah dengan penyesuaian akademik dengan koefisien (r) sebesar 0,478. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa qanaah berpengaruh terhadap penyesuaian akademik dengan R Square sebesar 22,8%. Implikasi dari penelitian ini menyarankan untuk meningkatkan qanaah dalam diri setiap mahasiswa untuk mencapai penyesuaian akademik yang baik.
References
Ahya, A. (2019). Eksplorasi dan pengembangan skala qana'ah dengan pendekatan spiritual indigenous. Jurnal Ilmu Psikologi Terapan (JIPT), 7(1). https://doi.org/10.22219/jipt.v7i1.7834
Ali, M. F. (2014). Contentment (Qana‟ah) and Its Role in Curbing Social and Environmental Problems. Islam and Civilisational Renewal (ICR); Vol. 5, 3. 430-445
Alipio, M. (2020). Predicting Academic Performance of College Freshmen in the Philippines using Psychological Variables and Expectancy-Value Beliefs to Outcomes-Based Education: A Path Analysis. https://doi.org/10.35542/osf.io/pra6z
Anderson, J.R., Y, Guan, and Y. Koc (2016) The Academic Adjustment Scale : Measuring the Adjustment of Permanent Resident or Sojouner Students.: International Journal Of Intercultural Relations 54: 68-76.
Astatke, M. (2018). First-Year College Students' Emotional Intelligence and Help-Seeking Behaviours as Correlates of Their Academic Achievement. Journal of Student Affairs in Africa, 6(2), 29-50. https://doi.org/10.14426/jsaa.v6i2.135
Azkarisa & Siregar. (2020). Contentment (Qana’ah) and Mental Health on Fishermen in Pena’ah Village, Indonesia. Psychology, Sociology, Medicine, Environmental science journal. Universitas Indonesia Library.
Devianti, Mutiara. (2022). The relationship between academic self-concept and college adjustment among cross -major and same-major student in Higher Education.
Hasna, dkk (2018). Daily Spiritual Experiences and Academic Adjustment among Freshman College Students. Arts & Education International Research Journal Volume 5 Issue 2
Hutabarat, M. R., & Sinaga, D. (2023). Pengaruh pilihan kuliah lintas jurusan terhadap kemampuan adaptasi mahasiswa Universitas HKBP Nommensen melalui program pertukaran mahasiswa Merdeka. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 4(2), 62-69.
Mesidor, J.K. and Sly, K.F. (2016) Factors that Contribute to the Adjustment of International Students. Journal of International Students, 6, 262-282.
Mitasari, Z., & Istikomayanti, Y. (2017). Hubungan Antara Culture Shock Dengan Hasil Belajar Mahasiswa Tahun Pertama. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 4(2), 774–784. https://doi.org/10.26858/jpkk.v4i2.4316
Mubasirun and Sa'adi. (2021). The Dynamics Of Spirituality In The Old Age : The Perspective Of Maqashid Al-Shariah And Psychology. Akademika, Jurnal Pemikiran Islam, 26 (1). pp. 91-106.
Murdani, M., Muhammad, M., Amin, B., Ulfa, M., & Haikal, M. (2019). Use of Cooperative Learning Methods STAD Strategies to Improve Students’ Abilities in Qira’ah (Experimental Research in Ma’had Al-Uluum Ad-Diniiyati Al-Islaamiyyati Samalanga). Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(1), 38-49.
Philipose, J. V., Choubisa, R., & Dubey, A. (2023). “Academic Adjustment and Gratitude in College Students: A First-Hand Evidence from a Psychological Perspective.†Handbook of Evidence Based Management Practices in Business, 246
Rahminawati, N., & Surbiantoro, E. (2022, August). Pengulangan Kata AIlaahu Ma’allah dari QS An-Naml Ayat 60-64 sebagai Landasan Metode Pengulangan dalam Pembelajaran Aqidah. In Bandung Conference Series: Islamic Education (Vol. 2, No. 2, pp. 421-427).
Santrock, John W.. (2018). Educational Psychology (Edisi ke-6). New York: McGraw-Hill Education.
Schneiders, A. A. (1960). Personality Development and Adjustment in Adolescence (Edisi direvisi). Bruce Publishing Company.
Saputro, I., Hasanti, A. F., & Narsoni, F. (2017). Qanaah pada Mahasiswa ditinjau dari kepuasaan hidup dan stress. Jurnal Ilmiah Penelitian Psikologi: Kajian Empiris dan Non-Empiris, 3(1), 11-20
Sari, Fitnaeni Fajar Wulan (2017). Qanaah sebagai basis spiritual penerimaan diri orang tua terhadap anak penderita leukimia. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang.
Van Rooij, E. C. M., Jansen, E. P. W. A., & Van de Grift, W. (2017). First-year university students’ academic success: The importance of academic adjustment. European Journal of Psychology of Education, 33(7), 1-19. https://doi.org/10.1007/s10212-017-0347-8
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Arnes Melinda, Neneng Tati Sumiati, Abu Saad Ansari, Suryandaru, Afina Faza Haffiyan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.