Pengaruh Keteladanan Guru terhadap Kedisiplinan Siswa di SMAN 4 Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.47776/mozaic.v10i2.1387Keywords:
Student Discipline, Teacher Role ModelsAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan pegaruh positif atau negative keteladanan guru terhadap kedisiplinan siswa di SMAN 4 Tangsel. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ialah pendekatan kuantitatif dengan analisa regresi linier sederhana dalam menjawab hipotesis. Sampel menerapkan sistem simple random sampling. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara keteladanan guru terhadap kedisiplinan siswa di SMAN 4 Tangsel. Hal ini terlihat pada pengujian statistik menghasilkan uji ANOVA dengan nilai signifikansi 0,000 < nilai alpha atau 0,05. Selain itu, hasil uji parsial (uji t) meghasilkan t-hitung sebesar 6,261 > t-tabel yaitu 1,996.
References
Amirudin. (2023). Metode-metode Mengajar Perspektif Alqur'an Hadis dan Aplikasinya dalam pembelajaran. Yogyakarta: Deep Publish.
Anang S, R. N. (2018). Riset Keperawatan. Cirebon: Lovrinz Publishing.
Billah, M. A. (2023). Pengaruh Keteladanan Guru Terhadap Kedisiplinan Siswa di SMAN 4 Tangsel. Jakarta, Jakarta, Indonesia: UIN Syarif Hidayatullah.
Hardani, DKK. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
Hasibuan, M. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Irwanto, A. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis agama dan budaya bangsa. Bandung: Pustaka Setia.
IT, N. (2019). Pengembangan Instrumen Pengukuran Disiplin Siswa. Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 47.
J, T. (2015). Terjemah "The Millionaire Mind". Jakarta: PT. Zaituna.
Mulyasa, E. (2016). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Musbikin, I. (2021). Pendidikan Karakter Disiplin. Jakarta: Nusa Media.
Naim, N. (2020). Character Building. Yogyakarta: Arruz Media.
Rifa'i, M. (2018). Manajemen Peserta Didik. Medan: CV, Widya Puspita.
Sandu S, A. S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Shofiyanti, S. (2012). Hidup Tertib. Jakarta: Balai Pustaka.
SL, P. (2021). Eksistensi Guru. Medan: Gerhana Media Kreasi.
SP, Y. (2014). Teaching as journeying. Yogyakarta: Kanisius.
Yaumi, M. (2016). Pendidikan Karakter. Jakarta: Prenamedia.