Manajemen Pembelajaran untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMA Negeri Bandarkedungmulyo Jombang
DOI:
https://doi.org/10.47776/mozaic.v10i2.1391Keywords:
Manajemen Pembelajaran, Mutu Pendidikan, Sekolah Menengah AtasAbstract
Peningkatan mutu pendidikan nasional telah dilakukan dengan perbaikan kurikulum, peningkatan mutu pendidik, penyediaan sarana dan prasarana, perbaikan kesejahteraan guru, perbaikan organisasi sekolah, perbaikan manajemen, pengawasan dan perundang-udangan. Tujuan penelitian yaitu: 1) analisis dan deskripsi implementasi manajemen pembelajaran; 2) analisis dan deskripsi standar mutu pendidikan yang diterapkan; dan 3) analisis dan deskripsi hasil implementasi manajemen pembelajaran dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri Bandarkedungmulyo Jombang. Hasil penelitian yaitu: 1) Implementasi manajemen pembelajaran di SMA Negeri Bandarkedungmulyo Jombang menerapkan teori menurut Rusman (2012) ada 3 indikator dalam Manajemen pembelajaran yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran; 2) Standar mutu pendidikan yang diterapkan Di SMA Negeri Bandarkedungmulyo Jombang telah didasarkan dan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan dimana standar mutu pendidikan terdiri dari delapan standar nasional pendidikan yaitu : standar isi, standar pengelolaan, standar penilaian, standar pembiayaan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar proses, standar kompetensi lulusan, dan standar sarana prasarana; dan 3) Terkait implementasi manajemen pembelajaran dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri Bandarkedungmulyo Jombang di mana sekolah berfokus kepada tiga Standar Nasional Pendidikan yaitu Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Sarana Prasarana dengan memiliki beberapa program kebijakan untuk mendapatkan output pendidikan yang bermutu.
References
Abidin, Y. (2018). Desain sistem pembelajaran dalam konteks kurikulum 2013 (Aep Gunarsa, SH, Vol. 4). PT Refika Aditama.
Asifudin, A. J. (2016). Manajemen Pendidikan untuk Pondok Pesantren. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.14421/manageria.2016.12-10
Atif;, H. D. N. B. I. N. F. (2018). Administrasi dan Manajemen Sumber Daya Pendidikan (Bandung). Refika Aditama. //0.0.0.0/index.php/index.php?p=show_detail&id=40307&keywords=
Bendriyanti, R. P., Dewi, C., & Nurhasanah, I. (2021). MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR SISWA KELAS IX SMPIT KHAIRUNNAS. JP (Jurnal Pendidikan) : Teori dan Praktik, 6(2), 70–74. https://doi.org/10.26740/jp.v6n2.p70-74
Djalal, F. (2017). Optimalisasi Pembelajaran Melalui Pendekatan, Strategi, dan Model Pembelajaran. SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.46576/jsa.v2i1.115
Fadilla, A. R., & Wulandari, P. A. (2023). Literature Review Analisis Data Kualitatif: Tahap Pengumpulan Data. MITITA JURNAL PENELITIAN, 1(3), Article 3.
Farida, A. (2018). PEMENUHAN MUTU STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN JENJANG SMP DI KOTA PAREPARE PROPINSI SULAWESI SELATAN. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 18(1), Article 1.
Fitria, N., Munandar, D. S., & Arifudin, O. (2023). Manajemen Pengelolaan Media Pembelajaran Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(03), Article 03. https://doi.org/10.30868/ei.v12i03.4660
Gunawan, I. (n.d.). MENGEMBANGKAN ALTERNATIF-ALTERNATIF PENDEKATAN DALAM PELAKSANAAN SUPERVISI PENGAJARAN.
Hidayah, N., Sulastini, R., & Handayani, S. (2022). IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PROGRAM KEUNGGULAN. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.35672/afeksi.v3i1.37
Ichwan, F. (2015). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF.
Komariah, A. T. (2008). Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif (Jakarta) [Text]. Bumi Aksara. http://library.fip.uny.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=4004
Lazwardi, D. (2017). MANAJEMEN KURIKULUM SEBAGAI PENGEMBANGAN TUJUAN PENDIDIKAN. Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 119–125. https://doi.org/10.24042/alidarah.v7i1.1112
Luluk, L. I. (2020). Manajemen Pembelajaran. GUEPEDIA.
Mu’affa, V. (2024). OPTIMALISASI POTENSI KELURAHAN TENGGILIS MEJOYO MELALUI PENDEKATAN FUNGSI MANAJEMEN G. R. TERRY. Musyawarah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.572349/musyawarah.v2i1.1610
Mubarok, R. (2021). Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan Islam. Al-Fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.54396/alfahim.v3i2.183
Musnaeni, M., Abidin, S., & Purnamawati, P. (2022). PENTINGNYA MANAJEMEN STRATEGI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.51878/cendekia.v2i2.1168
Rejeki, N. S., & Suwardi, S. (2019). PENGARUH KEMAMPUAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS TERHADAP PEMBELAJARAN EFEKTIF DI TAMAN KANAK-KANAK. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 2(1), Article 1. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v2i1.579
Rofiah, K. (2016). Dinamika Relasi Muhammadiyah dan NU Dalam Perspektif Teori Konflik Fungsional Lewis A. Coser. KALAM, 10(2), 469–490. https://doi.org/10.24042/klm.v10i2.10
Romadhon, M., Marini, A., & Sumantri, M. S. (2021). Kebijakan Pendidikan Inklusi Sebuah Solusi di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1). https://doi.org/10.31949/jee.v4i1.3085
Rosyada, D. (2013). Paradigma Pendidikan Demokratis , sebuah model pelibatan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan. Prenadamedia Group.
Rosyada, D. (2017). Madrasah dan profesionalisme guru dalam arus dinamika pendidikan Islam di era otonomi daerah (Edisi pertama). Kencana.
Sallis, E. (2015). Total quality management in education: Model, teknik, dan implementasinya/ Edward Sallis ; penerjemah, Ahmad Ali Riyadi dan Fahrurrozi ; editor, Monica. | OPAC Perpustakaan Nasional RI. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=963851
Yaqien, N. (2021). Manajemen Mutu Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam. J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 6(1), Article 1. https://doi.org/10.18860/jmpi.v6i1.11023.