UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA MATERI VOLUME BENDA SDN 1 KARANGTENGAH

Authors

  • Bintari Bintari Universitas Terbuka
  • Amaira Utami Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47776/mozaic.v9i2.710

Keywords:

Hasil Belajar; Metode Demonstrasi

Abstract

Permasalahan perolehan nilai siswa yang selalu di bawah KKM pada mata pelajaran matematika adalah menjadi salah satu latar belakang penelitian ini dilaksankaan. Rendahnya hasil belajar siswa ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman dan perhatian siswa saat menerima materi yang diajarkan. Oleh sebab itu, peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk menentukan apakah penerapan metode demonstrasi dengan penggunaan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar matematika kelas III SD Negeri 1 Karangtengah. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Hasil penelitian pada siklus pertama menunjukan bahwa hasil belajar siswa masih rendah yaitu hanya 43,75% siswa mendapat nilai di atas KKM. Hal tersebut menjadi sebuah alasan untuk perbaikian pada siklus dua. Pada siklus dua dengan bertitik tolak pada hasil refleksi siklus satu pembelajaran diperbaiki dengan cara menggunakan model demonstrasi dengan alat peraga. Hasilnya cukup memuaskan, nilai yang diperoleh siswa mengalami peningkatan dari 43,75% pada siklus satu menjadi 93,75% pada siklus dua. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dengan alat peraga mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Anitah, Sri. Strategi Pembelajaran Di SD. Universitas Terbuka, 2009.
Azzahra, Annisa, and Dian Arianto. “Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran.” Jurnal Manajemen Organisasi dan Bisnis (JMOB) 2, no. 1 (2022): 79–88.
Buscombe, Charlotte. “Using Gagne’s Theory to Teach Procedural Skills.” The Clinical Teacher 10, no. 5 (2013): 302–307.
Ernida, Dian. “Pengembangan E-Learning Dengan Schoology Sebagai Suplemen Pembelajaran Fisika Pada Materi Kinematika Gerak.” Universitas Bandar Lampung, 2016.
Fakhrudin, Agus. “Nilai-Nilai Karakter Dalam Kebijakan Nasional Pengeloaan Guru.” In The First Internatonal Conference on Islamic Education, 71–72. Bandung: Prodi Pendidikan Ilmu Agama Islam UPI, 2016.
Herawati, Endang Luli. “Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP S. Islamiyah Hessa Air Genting Tahun Pelajaran 2019/2020.” Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP 3, no. 2 (2022): 117–125.
Hilgard, Ernest R. “Divided Consciousness and Dissociation.” Consciousness and Cognition 1, no. 1 (1992): 16–31.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya, 2010.
Nengsi, Nisma. “Pengaruh Sarana Prasarana Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Fiqih Siswa Kelas VII 9 MTS Negeri 1 Enrekang.” Dialektika Jurnal PAI IAIN Parepare 1, no. 1 (2022): 47–58.
Nugraha, Mohammad Fahmi, Budi Hendrawan, Anggia Suci Pratiwi, Rahmat Permana, Yopa Taufik Saleh, Meiliana Nurfitri, Milah Nurkamilah, Asti Trilesatri, and Wan Ridwan Husen. “PENGANTAR PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR -.” Edu Publisher. Last modified 2020. Accessed January 11, 2023. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=NtruDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR2&dq=pikiran+anak+mengalami+perkembangan+yang+sangat+pesat.+Pada+pada+masa+itu+guru+harus+bisa+memberikan+sebuah+penghargaan+dan+pembelajaran+yang+baik+untuk+peserta+didiknya+(Nugraha,.
Nuryatin, Atin, and Sri Mulyati. “Analisis Perilaku Belajar Mahasiswa FKIP Universitas Kuningan.” Jurnal Penelitian Pendididkan dan Ekonomi 18, no. 1 (2021): 77–89.
Rosidah, Feryani Umi. “Pendekatan Antropologi Dalam Studi Islam.” Religió: Jurnal Studi Agama-agama 1, no. 1 (2011): 23–32.
Shaffer, David R, and Katherine Kipp. “Developmental Psychology: Childhood and Adolescence.” Cengage Learning (2013).
Teaching Tolerance. “Social Justice Standards” (2016): 1–12.

Published

2023-10-30

How to Cite

Bintari, B., & Utami, A. (2023). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA MATERI VOLUME BENDA SDN 1 KARANGTENGAH. Mozaic : Islam Nusantara, 9(2), 99–108. https://doi.org/10.47776/mozaic.v9i2.710