PENGARUH SALES GROWTH, CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN CAPITAL INTENSITY TERHADAP TAX AVOIDANCE (Studi Pada Perusahaan Sektor Barang dan Konsumsi di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016 - 2020)
DOI:
https://doi.org/10.47776/mizania.v2i2.515Keywords:
Sales Growth, Corporate Social Responsibilty, Capital Intensity, Tax AvoidanceAbstract
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan secara empiris pengaruh dari sales growth, corporate social responsibilitty dan capital intensity terhadap tax evoidance. Populasi dalam penelitian ini merupakan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan data sekunder dan pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Jumlah total sampel dalam penelitian ini adalah 23 perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama 5 tahun periode pengamatan (2016-2020). Alat analisis untuk menguji hipotesis adalah Eviews versi 10. Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji data panel, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan sales growth, corporate social responsibilty dan capital intensity berpengaruh terhadap tax avoidance. Sedangkan secara parsial sales growth, corporate social responsibity dan capital intensity berpengaruh terhadap tax avoidance
Kata Kunci: Sales Growth, Corporate Social Responsibilty, Capital Intensity, Tax Avoidance.
ABSTRACTThis study aims to test and prove empirically the effect of sales growth, corporate social responsibility and capital intensity on tax avoidance. The population in this study are manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange. The research method used in this study is a quantitative method with secondary data and the selection of samples in this study using purposive sampling method. The total number of samples in this study were 23 consumer goods industrial companies listed on the Indonesia Stock Exchange during the 5-year observation period (2016-2020). The analytical tool to test the hypothesis is Eviews version 10. The data analysis method uses descriptive statistical analysis, panel data test, classical assumption test and hypothesis testing. The results of this study indicate that simultaneously sales growth, corporate social responsibility and capital intensity have an effect on tax avoidance. While partially sales growth, corporate social responsibility and capital intensity affect tax avoidance
Keywords: Sales Growth, Corporate Social Responsibility, Capital Intensity, Tax Avoidance.
References
2. Efrinal, E. &. (2020). Pengaruh Capital Intensity Dan Inventory Intensity Terhadap Agresivitas Pajak. . Akrual, 2(2), , 135-148.
3. Ghozali, I. d. (2017). Analisis Multivariat dan Ekonometrika dengan Eviews 10. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
4. Hidayat, O. S. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Tax Avoidance Dengan Size Sebagai Variabel Moderating. JAKPI-Jurnal Akuntansi, Keuangan & Perpajakan Indonesia, 7(1), ISSN : 2301-7481, 32-43.
5. Hidayat, O. S. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Tax Avoidance Dengan Size Sebagai Variabel Moderating. JAKPI-Jurnal Akuntansi, Keuangan & Perpajakan Indonesia, 7(1), ISSN : 2310-7481, 32-43.
6. Holiawati, H. Z. (2020). Pengaruh pertumbuhan penjualan dan umur perusahaan terhadap tax avoidance. roceedings Universitas Pamulang, 1(1), , 1-10.
7. Khairunisa, K. H. (2017). Kualitas Audit, Corporate Social Responsibility dan Ukuran Perusahaan Terhadap Tax Avoid-ance. . Jurnal Riset Akuntansi Kontemporer (JRAK) Vol, 9(1), ISSN 2088-5091, 40-46.
8. Mahdiana, M. Q. (2020). Pengaruh profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, dan sales growth terhadap tax avoidance. . Jurnal Akuntansi Trisakti, 7(1), ISSN : 2339-0832 (Online), 127-138.
9. Maulinda, I. P. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Profitabilitas Dan Good Corporate Governance Terhadap Tax Avoidance. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 8(4), e-ISSN: 2460-0585, 2-21.
10. Nadhifah, M. &. (2020). Transfer Pricing, Thin Capitalization, Financial Distress, Earning Management, dan Capital Intensity Terhadap Tax Avoidance Dimoderasi oleh Sales Growth. Jurnal Magister Akuntansi Trisakti Vol, 7(2), ISSN : 2339-0859, 145-170.
11. Nugraha, M. I. (2019). Peran leverage sebagai pemediasi pengaruh karakter eksekutif, kompensasi eksekutif, capital intensity, dan sales growth terhadap tax avoidance. Jurnal Akuntansi Trisakti, Volume. 6 No.2, ISSN : 2339-0832, 301-324.
12. Nugraha, M. I. (2019). Peran leverage sebagai pemediasi pengaruh karakter eksekutif, kompensasi eksekutif, capital intensity, dan sales growth terhadap tax avoidance. Jurnal Akuntansi Trisakti, 6(2), ISSN : 2339-0832 (Online), 301-324.
13. Pahala, D. &. (2021). Pengaruh Roa, Der, Size Dan Sales Growth Terhadap Tax Avoidance Dengan Audit Committe Sebagai Pemoderasi. JIsEB Vol.2 No.1, ISSN 2745-5874, 12-22.
14. Permata, A. D. (2018). Pengaruh Size, Age, Profitability, Leverage dan Sales Growth Terhadap Tax Avoidance Pada Perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia di BEI. Jurnal Akuntansi dan Pajak, 19(01), ISSN 2460-0784, 10-20.
15. Prasetyono. (2012). Buku Pintar ASI Eksklusif. Yogya: Diva Press .
16. Rahayu, S. K. (2010). Perpajakan Indonesia: Konsep dan Aspek Formal. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.
17. Siboro, E. &. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Dan Capital Intensity Terhadap Tax Avoidance Pada Perusahaan Property Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2019. Jurnal Akuntansi, VOL. 21, NO. 1, E-ISSN: 2797-524X, 21-36.
18. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta.
19. Yenni Cahyani, L. a. (2021). Pengaruh Karakter Eksekutif, Pertumbuhan Penjualan Dan Intensitas Modal Terhadap Penghindaran Pajak. SAKUNTALA: Prosiding Sarjana Akuntansi Tugas Akhir Secara Berkala 1.1, 188-203., 188-203.
20. Yulyanah, Y. &. (2019). Tax avoidance pada perusahaan manufaktur sektor industri barang dan konsumsi sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017. Media Ekonomi, 27(1), ISSN : 2442-9686, 17-36.
21. Zoebar, M. K. (2020). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Capital Intensity Dan Kualitas Audit Terhadap Penghindaran Pajak. Jurnal Magister Akuntansi Trisakti, Vol. 7 No. 1, ISSN : 2339-0859 (Online), 25-40.