Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Untuk Meningkatkan Kualitas Penulisan Akademik Pada Siswa Madrasah Aliyah Khas Kempek
DOI:
https://doi.org/10.47776/3fxht042Keywords:
Pendampingan, Karya Tulis Ilmiah, Literasi Akademik, Madrasah Aliyah, Kualitas PenulisanAbstract
Kemampuan menulis karya tulis ilmiah merupakan keterampilan akademik yang penting dalam mengembangkan daya pikir kritis, logis, dan sistematis peserta didik. Namun, di banyak madrasah, termasuk Madrasah Aliyah KHAS Kempek, keterampilan ini belum berkembang secara optimal karena minimnya pelatihan terstruktur dan kurangnya bimbingan dalam proses penulisan ilmiah. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas penulisan akademik siswa melalui program pendampingan penulisan karya tulis ilmiah. Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif-edukatif yang melibatkan pelatihan teori, praktik langsung, diskusi kelompok, dan pendampingan individual. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa terhadap struktur karya tulis, kemampuan menyusun argumen, dan penggunaan referensi ilmiah. Sebanyak 86% siswa mampu menghasilkan karya tulis dengan struktur yang lengkap dan memenuhi standar penulisan akademik. Selain itu, kegiatan ini juga meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam menyampaikan gagasan secara ilmiah melalui forum presentasi. Program ini membuktikan bahwa pendampingan yang sistematis dan kontekstual efektif dalam membangun budaya literasi ilmiah di madrasah. Diharapkan program serupa dapat diintegrasikan ke dalam kegiatan ekstrakurikuler madrasah sebagai upaya penguatan literasi akademik secara berkelanjutan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Royani, Vika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.






