Penerapan Program Kerja Creat-Tik Guna Meningkatkan Kemampuan Teknologi Siswa SMP PGRI 5 Taman Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.47776/praxis.v2i1.698Keywords:
ICT application; Campus Teaching Program 5Abstract
Penulisan artikel ini bertujuan untuk menjelaskan tentang pelaksanaan kegiatan kebijakan Kampus Merdeka yakni pada program Kampus Mengajar. Kampus mengajar adalah program dimana mahasiswa dapat melatih soft skill dan hard skill , memberikan ide-ide kreatif tentang metode pembelajaran yang dapat meningkatkan minta belajar siswa-siswi yang telah menjadi sekolah sasaran terpilih oleh Dinas Pendidikan setempat. Program kerja unggulan selama penulis melaksanakan penugasan dalam kurung waktu 4 bulan adalah program kerja Creat-TIK. Pogram kerja ini berhubungan dengan mata pelajaran Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK). Latar belakang penulis dan kelompok merancang program kerja ini adalah tidak adanya mata pelajaran TIK di SMP PGRI 5 Taman Sidoarjo, padahal sekolah tersebut memiliki fasilitas yang memadai untuk pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran TIK. Hambatan yang dirasakan selama pelaksanaan program kerja adalah adanya siswa-siswi yang masih asing dengan laptop atau komputer, sehingga penulis harus memberikan arahan dan metode pembelajaran yang mudah agar mereka dapat menguasai laptop dan komputer. Hasil akhir setelah penulis melaksanakan penugasan menunjukkan bahwa sebagian besar siswa SMP PGRI 5 Taman dapat menguasai fitur-fitur dan aplikasi yang ada pada laptop dalam jangka waktu kurang lebih 4 bulan.






