Pelatihan Video Editing Dengan Canva Bagi Guru Di SMK Murni 2 Surakarta

Authors

  • Anisatul Farida Universitas Duta Bangsa
  • Pipin Widyaningsih Universitas Duta Bangsa Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.47776/praxis.v2i1.709

Keywords:

canva, training, editing video

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan pelatihan kepada guru di SMK Murni 2 Surakarta tentang video editing untuk mendukung kegiatan dokumentasi aksi nyata dalam implementasi platform merdeka mengajar (PMM) dengan Canva. Kegiatan pengabdian terbagi dalam tiga tahap yaitu (1) Tahap Persiapan; (2)Tahap Pelaksanaan; (3)Tahap Pendampingan. Kegiatan pelatihan dapat meningkatkat pemahaman para guru dalam membuat video aksi nyata yang akan diunggah pada aplikasi Platform Merdeka Mengajar (PMM). Beberapa fasilitas dan tools dari Canva Video Suite terbukti sangat familiar bagi peserta pelatihan dan mudah untuk digunakan dalam membuat dan edit proyek video aksi nyata. Keberhasilan kegiatan ditunjukkan dengan (1) Adanya kesesuaian materi dengan kebutuhan peserta untuk meningkatkan kemampuan membuat konten video aksi nyata; (2) Adanya respon yang positif dari peserta untuk bisa memanfaatkan aplikasi Canva Video Suite sesuai kebutuhan masing-masing.

Published

2023-09-02

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pelatihan Video Editing Dengan Canva Bagi Guru Di SMK Murni 2 Surakarta. (2023). PRAXIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 65-74. https://doi.org/10.47776/praxis.v2i1.709