Pendampingan UMKM Alfa Shoofa Batik Kudus Melalui Pembuatan Media Sosial Untuk Meningkatkan Penjualan

Authors

  • Dhias Pramudita Kusuma Wardani Institut Agama Islam Negeri Kudus

DOI:

https://doi.org/10.47776/praxis.v2i1.716

Keywords:

UMKM; Media Promosi; Marketplace

Abstract

Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi banyak dimanfaatkan oleh UMKM. Penggunaan media sosial untuk promosi menawarkan biaya yang murah, pengoperasian yang mudah, dan tidak harus memiliki keahlian di bidang IT sehingga dapat dijangkau pasar yang lebih luas. Setiap tahun pengguna media sosial selalu meningkat mulai dari Tiktok, instagram dan facebook. Pemanfaatan media sosial untuk promosi bertujuan meningkatkan penjualan hal tersebut melatarbelakangi kegiatan pembinaan ini dengan memaksimalkan peran media sosial untuk UMKM batik. Pengabdian ini dilakukan pada UMKM Alfa Shoofa Batik Kudus, Kecamatan Gribig, Kabupaten Kudus selama satu bulan sejak tanggal 6 Juli 2023. Permasalahan mengenai kurang optimalnya penggunaan media sosial sebagai media promosi menjadi penyelesaian utama dalam pembinaan UMKM ini. Metode yang dapat dilakukan adalah pelatihan dan pembinaan pemanfaatan media sosial untuk peningkatan penjualan pada marketplace. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa bimbingan dan pelatihan yang dilakukan sangat bermanfaat dan mengajarkan UMKM Alfa Shoofa Batik kudus menyusun content promosi sekaligus mengarsipkan dokumen-dokumennya yang penting, terutama produk-produk batik yang dihasilkan.

Published

2023-09-03

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pendampingan UMKM Alfa Shoofa Batik Kudus Melalui Pembuatan Media Sosial Untuk Meningkatkan Penjualan. (2023). PRAXIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 75-85. https://doi.org/10.47776/praxis.v2i1.716