PENGARUH ‘BRAND IMAGE’ TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE VIVO/ OPPO PADA MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.47776/mizania.v2i2.587Keywords:
brand image, keputusan pembelian, smartphone, handphoneAbstract
Pada era milenial, penjualan Smartphone semakin marak. Bisnis jaul-beli Smartphone sangat menjanjikan. Hal ini dapat dilihat dari berbagai sudut dan perspektif. Persaingan Brand Image dari berbagai Smartphone semakin sengit, sehingga setiap perusahaan harus dapat melakukan inovasi terbaru dari produk yang dihasilkannya. Smartphone pada saat ini ialah menjadi kebutuhan masyarakat. Banyak sekali yang tidak jarang msyarakat memilih merk dengan mempertimbangkan buget dan kualitas yang didapat. Gaya hidup masyarakat inilah yang dapat mempengaruhi sebuah Brand Image terhadap keputusan pembelian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuanlitatif, di mana penelitian kualitatif ini membutuhkan wawancara. Responden diambil dengan metode nonprobability menggunakan teknik quota sampling sebanyak 40 orang mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam di Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia. Variabel diukur dengan dimensi keterjangkauan harga dan keesuaian kualitas yang ditawarkan. Temuan hasil penelitian memperlihatkan hasil Brand Image pada Smartphone merk VIVO/ OPPO berada pada posisi yang paling banyak diminati. Hal berarti bahwa para responden menganggap bahwa Smartphone yang memiliki kualitas yang cukup baik dengan buget yang terjangkau. Hasil perhitungan memperlihatkan bahwa Brand Image memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian.
References
Ferrinadewi, E. (2008). Merek dan Psikologi Konsumen, Implikasi pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Janah, M.R., (2013). Hubungan Antara Citra Merek Mobil Suzuki Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen Di Dealer Sumber Baru Mobil Purwokerto. Jurnal Talenta Psikologi Vol. II, No. 2: 117-131
Kotler, Philip dan Kevin Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13. Diterjemahkan oleh Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philips, (2002), Manajemen Pemasaran: Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, Edisi Kesermbilan, Jilid 1 dan Jilid 2, Penerbit PT. Prenhallindo dan Pearson Education Asia Pte, Ltd, Jakarta.
Kotler, Phillip & Gary Armstrong. (2008). Principles of Marketing 12th edition. Terjemahan oleh Damos Sihombing. Jilid 1.Edisi 12. Erlangga: Jakarta.
Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar), JURNAL ABIWARA Vol. 1, No. 2, Maret 2020, pp. 71-83.
Oentoro, D. (2010). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: LaksBang Pressindo.
Park, C.W., Jaworski, B.J. and Maclnnis, D.J. (1986) Strategic Brand Concept-Image Management. Journal of Marketing, 50, 135-145
Peter, J. Paul dan Jerry C. Olson. (2000). Consumer Behavior. Perilaku konsumen dan Strategi Pemasaran. Jilid 2. Edisi 4. Diterjemahkan oleh: Damos Sihombing. Jakarta: Erlangga.
Schiffman, Leon dan Leslie L. Kanuk. (2008). Perilaku Konsumen. Edisi Ketujuh. Diterjemahkan oleh: Zoelkifli Kasip. Jakarta: Indeks.
Suri, A, (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, Vol.6, No.1, Mei 2017.