Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Film Pendek Rukuh dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Neneng Mujlipah Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia
  • Dede Setiawan Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47776/mozaic.v10i2.1097

Keywords:

Film Pendek, Nilai Moderasi Beragama, Pendidikan Agama Islam, Rukuh

Abstract

Film pendek Rukuh merupakan bagian dari festival moderasi beragama yang digagas oleh BLA Jakarta pada tahun  2023 yang diperankan oleh kalangan siswi SMK Amal Bakti Lampung Selatan. Penelitian ini menjelaskan mengenai nilai-nilai yang terkandung dalam film pendek Rukuh yang digambarkan adanya sikap dan bentuk saling menghargai dari seorang siswi yang berbeda keyakinan agama dengan teman sekelasnya namun masih memberikan respon yang baik terhadapnya. Penelitian ini termasuk jenis kepustakaan atau library research yang bertujuan untuk mengetahui apakah film pendek Rukuh tedapat nilai-nilai moderasi beragama dan bagaimana relevansinya dengan nilai dalam pendidikan agama Islam. Penelitian ini menggunakan analisis isi dengan teknik syimbol coding sebagai penggambaran terhadap film pendek Rukuh dan dinarasikan berupa teks secara sitematis yang kemudian di interpretasikan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menjelaskan bahwa film pendek Rukuh memuat nilai-nilai moderasi beragama berupa nilai tawassuth, tasamuh dan qudwah dan memiliki relevansi dengan nilai dalam pendidikan agama Islam yakni nilai aqidah, akhlak dan ibadah, sehingga film pendek Rukuh dapat dijadikan sebagai bahan ajar dengan metode pembelajaran berupa film mengenai pentingnya moderasi beragama di sekolah.

References

Afiuddin & Saebani, B, A. Metodologi Penelitian kualitatif, Bandung: Pustaka Setia, 2012.
Anshari, M, R, S & Cindy, F. Moderation In Public Schools; A Search For A Model Of The Teacher's." In Proceeding International Seminar of Islamic Studies. Medan: (2023), https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/insis/article/view/13864/pdf, 2023. 354-369.
Aziz, Aceng Abdul, et al. "Implementasi Moderasi Beragama Dalam Pendidika Islam." (2019).
Anwar, K. Moderasi Beragama: Sebuah diskursus dinamika keagamaan di era kontemporer. Yogyakarta: K-Media, 2023.
Arif, Khairan M. "Moderasi Islam (Wasathiyah Islam) Perspektif Al-Qur’an, As-Sunnah Serta Pandangan Para Ulama dan Fuqaha." Al-Risalah: Jurnal Studi Agama Dan Pemikiran Islam 11.1 (2020): 22-43.
Festival Film Pendek Moderasi Beragama 2023 (Rukuh), diakses di https://www.youtube.com/watch?v=HWKziJdROKk&t=155s , pada tanggal 12 Desember 2023.
Hanafi. Internalisasi Nilai-Nilai Moderrasi Bergama dalam Perkuliahan pendidikan Agama Islam pada Perguruan Tinggi. Sidoarjo: Delta Pijar Khatulistiwa, 2022.
Hanafi, Andi Abdul, et al. "Strategi Guru dalam Menumbuhkan Sikap Moderat di Madrasah." Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 8.10 (2022): 149-155.
Hidayah, N. Penerapan Nilai Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Mubtadiin Vol. 2 No. 02, 2019.
Harismawan, Ahmad Alvi, Hepi Ikmal, and Nicky Estu Putu Muchtar. "Implementasi dan Pembentukan Moderasi Beragama di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lamongan", Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 19.1 (2023): 58-73.
Kallang, Abdul. "Konteks Ibadah Menurut Al-Quran." Al-Din: Jurnal Dakwah Dan Sosial Keagamaan 4.2 (2018).
Khalid, I. Walisongo: Eksistensi dan perannya dalam Islamisasi dan. Jurnal Tamaddun, 2016.
Munir, A & Agus, R, S. Implementasi Konsep Islam Wasathiyyah. Kodifikasia: Jurnal Penelitian Islam, Volume, 13 No. 1, 2019.
Mustaghfiroh, Siti. "Pengarusutamaan Nilai Moderasi Beragama Di Era Society 5.0." Moderatio: Jurnal Moderasi Beragama 2.2, 2022.
Mustaidah, T, B & Ari, N. (2017). Identifikasi nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Pemberdayaan Masyarakat Pada PNPM Mandiri." Jurnal Penelitian, Vol. 11, No. 1. 2017.
Taufiq, Bekti. "Identifikasi Nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Pemberdayaan Masyarakat Pada PNPM Mandiri." Jurnal Penelitian 11.1 (2017): 69-90.
Prabaningrom, Nilam. Nilai- Nilai Toleransi Beragama dalam Film Mencari Hilal Karya Ismail Basbeth dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam. Diss. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2022.
Rizaldi Aan. Nilai-Nilai Etika dalam Novel Bumi Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy. Diss. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2022.
Sadjali, Muhamad Munir, and Achmad Tohari. "Religious Moderation from a Maqasid Syariah Perspective Jasser Auda." (2024).
Syahri,A. Nilai-Nilai dan Sikap Moderasi Beragama dalam Perspektif Pendidikan Islam, Mataram: Sanabil, 2021.
Sumarno, M. Apresiasi Film. Jakarta: Fakultas Film dan Televisi - TKJ lnstitut Kesenian Jakarta, 2017.
Sutrisno, Edy. "Aktualisasi moderasi beragama di lembaga pendidikan." Jurnal Bimas Islam 12.2 (2019): 323-348.
Tirtayasa, Film Pendidikan Ditinjau Dari Perspektif Kajian Ilmu Komunikasi, 2011, http://tirtayasa74.multiply.com/journal/item/12, diakses tanggal 12 Februari 2024.
Turmuzi, Muhamad. "Konsep Pendidikan dan Islam sebagai Alternatif dalam Memanusiakan Manusia." Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam 19.2 (2021): 261-283.
Falah, Riza Zahriyal. "Membentuk kesalehan individual dan sosial melalui konseling Multikultural." Konseling Religi 7.1 (2016): 1-26.
Yanti, Annisa Darma. Nilai-Nilai Toleransi dalam Novel Bumi Cinta dan Ayat-Ayat Cinta 2 Karya Habiburrahman El-Shirazy, Diss. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2023.
Zainuri, & M, Fahri. Moderasi Beragama di Indonesia. Intizar, 2019.

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Mujlipah, N., & Setiawan, D. (2024). Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Film Pendek Rukuh dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam. Mozaic : Islam Nusantara, 10(2), 99–114. https://doi.org/10.47776/mozaic.v10i2.1097