Filsafat Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Ibnu Sina
DOI:
https://doi.org/10.47776/mozaic.v10i2.1436Keywords:
Filsafat, Ibnu Sina, Pendidikan Islam, Anak Usia DiniAbstract
Pendidikan anak usia dini (PAUD) memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan anak, terutama dalam membentuk karakter dan kualitas hidup anak usia dini. Filsafat pendidikan anak usia dini menjadi dasar yang esensial dalam merumuskan tujuan dan strategi pendidikan. Penelitian ini bersifat kualitatif. Teknik yang digunakan dalam analisis penelitian ini menggunakan metode content analysis. Penelitian ini merupakan penelitian filsafat pendidikan dengan jenis penelitian pustaka. Artikel ini membahas tentang filsafat pendidikan anak usia dini dalam perspektif Ibnu Sina, seorang filsuf Islam yang terkenal di bidang kedokteran, namun juga memberikan kontribusi yang besar dalam pemikiran pendidikan Islam. Ibnu Sina memandang manusia sebagai makhluk yang terdiri dari jasad dan nafs. Oleh sebab itu, pendidikan harus mewujudkan keseimbangan dalam pengembangan antara fisik dan spiritual. Ibnu Sina menekankan begitu pentingnya pengembangan akal yang dilakukan melalui pendidikan moral dan afektif pada anak usia dini, serta pemilihan metode yang sesuai, seperti: mengajarkan pendidikan agama pada usia 3 (tiga) sampai 5 (lima) tahun dan memberikan pembelajaran dasar lainnya pada usia 6 (enam) sampai 14 (empat belas) tahun. Pendidikan yang seimbang antara jasmani dan rohani, melalui kegiatan seperti olah raga dan kesenian, adalah kunci dalam membentuk karakter anak usia dini. Ibnu Sina juga mengusulkan pendekatan pembelajaran yang melibatkan metode bercanda atau belajar sambil bermain untuk merangsang perkembangan kognitif, sosial, dan emosional anak usia dini. Dalam kurikulum pendidikan, Ibu Sina berpendapat bahwa guru harus menjadi teladan yang memiliki kompetensi pedagogik, moral, dan spiritual. Melalui pendekatan yang holistik ini, pandangan Ibnu Sina menawarkan kontribusi yang signifikan terhadap pengembangan pendidikan anak usia dini, terutama dalam konteks pendidikan yang berlandaskan pada nilai-nilai agama dan karakter.
References
Alwizar. (2015). Pemikiran Pendidikan Ibnu Sina. In Jurnal Pemikiran Islam (Vol. 40, Issue 1). http://www.teknologipendidikan.net/sistemdan-pendidikan-
Atabik, A., & Fian, K. (2023). Konsep Pendidikan Islam Perspektif Ibnu Sina Dan Fazlur Rahman. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 12(01), 61–69. https://doi.org/10.32806/jf.v12i01.7140
Azizah, H. (2021). Analisis Pemikiran Ibnu Sina dan Ibnu Khaldun Terhadap Konsep Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 1–18.
Deswita, D. (2016). Konsep Pemikiran Ibnu Sina Tentang Pendidikan Akhlak. Ta’dib, 16(2), 168. https://doi.org/10.31958/jt.v16i2.249
Dian Pertiwi, Syafrudin, U., & Drupadi, R. (2021). Persepsi Orangtua terhadap Pentingnya CALISTUNG untuk Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 62–69. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.5875
Dian Putra, Y. (2023). Peningkatan Keterampilan Sosial Anak Melalui Kegiatan Market Day (Vol. 9, Issue 2).
Dozan, W. (2019). Pemikiran Pendidikan Islam dalam Persfektif Ibnu Sina. EL-HIKMAH: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam, 13(2), 208–221. https://doi.org/10.20414/elhikmah.v13i2.1714
Fathurrahman. (2020). Filsafat Islam. Manggu Makmur Tanjung Lestari. https://repository.uinmataram.ac.id/2882/
Khasanah, N., Hamzani, A. I., & Aravik, H. (2020). Klasifikasi Ilmu Menurut Ibn Sina. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-i, 7(11), 993–1008. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i11.17739
Khomaeny, E. F. F. dan, & Maesaroh Lubis. (2023). Model-Model Pendidikan dalam Al-Qur’an: Berdasarkan Kisaah Para Nabi, Rasul, dan Shalihin. www.edupublisher.co.id
Ma`mun, T. N., Ikhwan, & Syaban, G. (2017). Al-Qanun fi At-Ṭibb. https://ia903106.us.archive.org/22/items/etaoin/Al-Qanun fi At-Ṭibb Edisi Teks dan Terjemahan.pdf
Musdalifah. (2019). Konsep Pendidikan Ibnu Sina Tentang. VIII(2), 403–417.
Putra, A. T. A. (2015). Pemikiran Filosofis Pendidikan Ibnu Sina Dan Implikasinya Pada Pendidikan Islam Kontemporer. https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/LITERASI/article/view/200/195
Qurrotul A’yuni, S. (2020). Analisis Pemikiran Pendidikan Menurut Ibnu Sina dan Kontribusinya Bagi Pendidikan Islam di Era Modern. In Journal of Islamic Education Research (Vol. 1, Issue 03). Desember.
Rahman, F., & Wahyuningtyas, A. (2023). Konsep dan Tujuan Pendidikan Islam Menurut Ibnu Sina dalam Membangun Karakter Siswa di Era Digitalisasi. Journal on Education, 05(02).
Rahmat, S. T. (2018). Filsafat Pendidikan Anak Usia Dini.
Saragih, H. dkk. (2021). Filsafat Pendidikan.
Arsyad, J. (2019). Jurnal Raudhah (Vol. 07, Issue 02). http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah
Surya, M. E. (2018). Faktor-Faktor Pendidikan dalam Perspektif Ulama Klasik (Studi Pemikiran Ibnu Maskawaih, Ibnu Khaldun, dan Ibnu Sina).
Yuliani, A. R., Muhammad, H. Z., Hidayatuz Z, K., Adrian, A., & Hanif, H. A. (2023). Religius-Rasional Ibnu Sina dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam Kontemporer. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(3), 523–548. https://doi.org/10.14421/njpi.2023.v3i3-10
Yusuf, I., Program, M., Pendidikan, D., Islam, A., Islam, U., Sultan, N., Muhammad, A., & Samarinda, I. (2021). Pendidikan Menurut Filsafat Ibnu Sina (980 M-1037 M). Cross-Border, 4(2), 764–779.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Helmy Hidayatulloh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.