Implementasi Metode Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Pelita Harapan
DOI:
https://doi.org/10.47776/mozaic.v8i1.274Keywords:
Student learning outcomes, Contextual Teaching and Learning (CTL), in Class VII SMP Pelita Harapan, Kebayoran Lama District, Jakarta SelatanAbstract
This study aims to determine the effectiveness of applying the Teaching and Learning (CTL) learning method in improving student learning outcomes. The method used in this research uses class action research methods. The results showed that in cycle I and cycle II there was an increase in learning outcomes in class VII SMP Pelita Harapan students. So it can be concluded that the contextual learning method is effective for improving student learning outcomes.
References
Ahmad Sugandi. Pelatihan Ketrampilan KTSP, Jakarta. Erlangga.2004
Arikunto, Suharsimi. 1997. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Darsono, Max. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang.
Dirjen Dikdasmen. 2003. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Depdiknas
Djamarah, Saiful Bahri dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Gafur, Abdul. 2003. Modul Perencanaan Pembelajaran PPKn Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas.
Hamalik. Teori dan Landasan Pendidikan.Jakarta: yayasan Bangun Indonesia dan Uhamka.1983
Hamalik, Oemar. 2001. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamzah B. Uno. Kompetensi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.2007
Husen Umar. Riset Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi. Edisi Revisi dan Perluasan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 1999.P. 82
Kartono, Kartini. Kompetensi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.1998
Kihajar Dewantara. Tingkat Pendidikan. Malang. IKIP.1986
Narbuko dan Achmadi. Konsep Wawancara. Jakarta:Empat Salemba.1999
Nurhadi. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang Press.
Moleong, Lexy. 2004. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mohamad. Penelitian Pendidikan Prosedur dan Statistika. Angkasa Bandung.1948
Puskur Balitbang. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Prof. Dr. Oemar Hamalik.2001. Proses Belajar Mengajar.Jakarta.Bumi Aksara
Rahmat, Jalaludin.Metode Penelitian Survey. Bandung: Tarsito.1997
Slamet. Prestasi Belajar dan pembelajaran. Jakarta. Empat Salemba.1995
Singarimbun, Masri dan Sopian, Effendi. Metode Penelitian Survey, Jakarta. PT. Pustaka LP3ES.1999
Siswanto. Tujuan Penilaian Kinerja. Bandung. Angkasa.2003
S. Nasution . Prestasi Pendidikan Indonesia. Jakarta. Bumi Akasara.1996
Surachman Winarno. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar, Metode, Teknik; Bandung: Tarsito.1998





