Implementasi Metode Mustaqilli Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Di Pondok Pesantren Asshidiqiyah Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.47776/mozaic.v8i2.596Keywords:
Metode Mustaqilli; Hasil Belajar; Pondok Pesantren Asshidqiyah JakartaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi Bahasa Arab dengan Penerapan Metode Mustaqilli yang berisikan lebih sedikit kaidah dan lebih banyak praktek pembentukan kalimat. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas yang dikembangkan berdasarkan pengalaman selama mengajar Bahasa Arab dengan Buku Mustaqilli. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas 3 Madrasah Aliyah Diniyyah Takmiliyyah Pondok Pesantren Asshidiqiyyah Jakarta. Implementasi Metode Mustaqilli menggunakan buku Dasar-Dasar Mustaqilli dan buku Metode Mustaqilli. Adapun kendala pelaksanaan metode Mustaqilli yaitu siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa Metode Mustaqilli berhasil meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Bahasa Arab. Penerapan metode ini tepat digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa di bidang Bahasa Arab.
References
Abu Ahmadi dan Joko Tri Prastya, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: CV Pustaka Setia, 2005.
Azhar Arsyad. Media Pembelajaran, Cet. XV; Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011.
Azyumardi, Azra. Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium Baru, Jakarta: Logos, cet. I, 1999.
Haris Herdiansyah. Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial, Salemba Humanika, Jakarta: 2011.
Harjanto, perencanaan pengajaran, Jakarta: rineka cipta, 2005.
Radliyah Zaenuddin. Metodologi dan Strategi Alternatif pembelajaran bahaa arab, Cirebon:Pustaka Rihlah Group, 2005.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2009.
Tukiran Taniredja. Model-model Pembelajaran Inovatif, Cet. II; Bandung: Alfabeta, CV, 2011.
Wina Sanjaya. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008.
Yayan Nurbayan. Metodologi Pembealajaran Bahasa Arab, Bandung : Zein El Bayan, 2008.





