STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA TINGKAT DASAR DI MI AL-KHAIRIYAH JAKARTA BARAT
DOI:
https://doi.org/10.47776/mozaic.v9i2.999Keywords:
Strategi Pembelajaran, MI, Bahasa ArabAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran bahasa Arab di jenjang sekolah dasar khusunya di MI Al-Khairiyyah. Hasil Penelitian menyimpulkan bahwa ada beberapa strategi yang digunakan oleh guru bahasa Arab di MI al- Khairiyyah yaitu strategi pembelajaran langsung yang meliputi strategi Memori, Kognitif dan kompensasi, dan trategi pembelajaran tidak langsung yaitu strategi metakognitif. Tulisan ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif dan analisis deskriptif.
References
Ahmadi dan Ilmiani, aulia Mustika. (2020) Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Yogyakarta: ruas media
Alfitriani Siregar. (2018). Metode Pengajaran Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Medan : LEMBAGA PENELITIAN DAN PENULISAN ILMIAH AQLI
Anita Lie et.al. (2020). Mendidik Generasi Milenial Cerdas Berkarakter. Yogyakarta : PT. Kanisius
Asmidar Parapat. (2020). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Tasikmalaya: EDU PUBLISHER
Asrori, Imam. 2011. Strategi Belajar Bahasa Arab: Teori & Praktek. Malang: Misykat
Defina. (2020). “Teori BIPA dan Dinamika Penerapannya di IPB†Bogor : IPB Press
Dewa Putu Yudhi Ardiana, et.al. (2021) Metode Pembelajaran Guru, Yayasan Kita Menulis
Effendy, Ahmad Fuad. (2005). Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang : Miskat
Hari Ariyanti, Syarifah. (2021) “Strategi Pembelajaran Bahasa Arab dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Siswa kelas VII MTs Nurul Mutaqin Simpang Tigaâ€, Bangka Belitung : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, Vol. 1 No.1
Qonita Khansa. Hasna. (2016) “Strategi Pembelajaran Bahasa Arabâ€. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab II, Malang : Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.
Khusnul Wardan. (2019). Guru Sebagai Profesi, Yogyakarta: DEEPUBLISH
Maesaroh. Siti. (2013). “Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islamâ€. Jurnal Kependidikan Vol.1 No. 1.
Montolalu , B.E.F, et.al, (2005). Bermain dan Permainan Anak, Jakarta : Universitas terbuka
Mustofa, Bisri., dan Hamid, Abdul. 2012. Metode & Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN-Maliki Press.
Norilah, dkk, (2022) “Strategi Pembelajaran Bahasa Arab pada Tingkat Dasar di Paud Istiqlal Banjarmasinâ€. Jurnal An-Nahdhah, Vol 15, No. 1.
Soeparno. (1987). Media Pengajaran Bahasa, Yogyakarta : Intan Pariwara
Thohir Muhammad. Dkk (2021). “Metode Pembelajaran Bahasa Arab sebagai Bahasa Asingâ€.Sidoarjo: Kanzum Books
Wardana, Ahdar Djamaluddin. (2019). Belajar dan pembelajaran. Teori, Desain, Model Pembelajaran, dan Prestasi Belajar. Parepare : CV Kaaffah Learning center





