Sosialisasi Positive Discipline: Pentingnya Mendidik Anak Tanpa Kekerasan Di TK Hidayatullah Jambi
DOI:
https://doi.org/10.47776/praxis.v3i2.1465Keywords:
Anak; Disiplin; Kekerasan; MendidikAbstract
Program pengabdian masyarakat melalui kegiatan sosialisasi dengan tema "Positive Discipline: Mendidik Anak Tanpa Kekerasan" dilatarbelakangi oleh masih tingginya kasus kekerasan dalam pengasuhan anak di lingkungan keluarga. Banyak orang tua yang masih menganggap hukuman fisik sebagai cara efektif untuk mendisiplinkan anak, padahal hal ini dapat berdampak negatif pada perkembangan anak. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi, meningkatkan pemahaman serta menumbuhkan kesadaran orang tua mengenai dampak negatif kekerasan dalam mendisiplinkan anak dan memberikan alternatif disiplin positif. Pelaksanaan kegiatan dilakukan melalui sosialisasi kepada 30 orang wali murid di TK Hidayatullah Jambi dengan menggunakan metode pendidikan masyarakat. Materi sosialisasi meliputi konsep dasar disiplin positif, dampak negatif hukuman fisik, alternatif pendisiplinan yang lebih mendidik, serta tips komunikasi efektif dengan anak. Hasil kegiatan menunjukkan antusiasme tinggi dari peserta, yang tercermin dalam keaktifan mereka selama sesi diskusi dan pemahaman yang meningkat terkait pentingnya mendidik anak dengan kasih sayang. Program ini diharapkan mampu menciptakan perubahan pola pengasuhan menjadi lebih positif, mendukung perkembangan fisik, mental, dan emosional anak, serta membangun generasi masa depan yang lebih baik.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aura Diah Pasa, Nella Oktasari, Sherina Dwi Fortuna, Tiara Sari, Zahrotil Wahidah, Zulia Chandra, Winda Sherly Utami

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.






